rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Kuesioner mengenai Rumah

Rumah menjadi salah satu tempat yang sangat sering seorang pasien berinteraksi di dalamnya. Lingkungan rumah seing tidak terawat dengan baik karena kesibukan pekerjaan dari sang pemilik. Dan memang lingkungan rumah yang ditinggali sempit, tidak terawat di antara rumah-rumah lainnya. Oleh karena itulah rumah juga menjadi salah satu faktor yang bisa menjadi sarang tempat tumbuhnya kuman. Beberapa pertanyaan berikut bisa menjadi patokan apakah rumah yang dihuni sang pasien merupakan kategori rumah sehat atau bukan.


Isilah dengan singkat atau coret yang tidak perlu pada salah satu pilihan jawaban dari pertanyaan berikut :
  1. 1.      Berapa ukuran rumah anda ? ______ x ______ = ________ m2
  2. 2.      Berapa jumlah penghuni tetap di rumah anda ? _______ orang
  3. 3.      Apakah rumah anda dan lingkungan sekitar sering mengalami banjir ? (Ya / Tidak)
  4. 4.      Terbuat dari bahan apa lantai rumah anda ? (Semen, ubin, keramik, kayu / Tanah)
  5. 5.      Pada siang hari, apakah anda perlu menyalakan lampu rumah anda untuk membaca ? (Ya / Tidak)
  6. 6.      Apakah rumah anda memiliki ventilasi (lubang keluar masuknya udara) ? (Ya / Tidak)
  7. 7.      Darimana sumber air yang anda minum sehari-hari ? (Air dalam kemasan / Ledeng/PAM / Mata air terlindung / Sumur pompa tangan / Sumur terlindung / Sumur tidak terlindung / Mata air tidak terlindung / Lain-lain, sebutkan ______________)

  8. 8.      Apa alat pembuangan kotoran (kakus/septic tank) yang biasa digunakan ? (Leher angsa / Plengsengan / Cemplung/cubluk / Kolam ikan/sungai/kebun / Tidak ada)

  9. 9.      Berapa kira-kira jarak septic tank anda dengan sumber air ? (< 10 meter / > 10 meter)
  10. 10.  Bagaimana penggunaan WC dalam kehidupan sehari-hari ? (Digunakan untuk keluarga sendiri / Digunakan bersama-sama keluarga lain / Tidak punya WC)
  11. 11.  Apakah limbah (sisa kotoran) dari rumah anda memiliki saluran pembuangan ? (Ya, dengan saluran yang tertutup / Ya, dengan saluran yang terbuka / Tidak)
  12. 12.  Apakah rumah anda memiliki saluran got/selokan ? (Ya, mengalir dengan lancar / Ya, mengalir dengan lambat / Ya, air selalu tergenang / Tidak ada got

  13. 13.  Bagaimana pengelolaan sampah di rumah anda ? (Diangkut oleh petugas kebersihan / Dibuat menjadi pupuk kompos / Ditimbun di dalam tanah / Dibakar / Dibuang di sembarang tempat / Dibuang di kali/sungai / Lainnya, sebutkan __________)

  14. 14.  Apakah lingkungan rumah anda bebas dari polusi udara (asap kendaraan, pabrik, dan lain sebagainya) ? (Ya / Tidak)
  15. 15.  Apakah bahan bakar yang anda gunakan untuk memasak di rumah ? (Listrik, gas / Minyak tanah / Kayu bakar / Arang / Batu


  16.  

0 comments:

Post a Comment